Berkunjung ke Yogyakarta Kraton Untuk Liburan

Berkunjung ke Yogyakarta Kraton Untuk Liburan

Berkunjung ke Yogyakarta Kraton

Berkunjung ke Yogyakarta Kraton akan menjadi kegiatan yang menarik tatkala berlibur ke kota asal kuliner gudeg ini. Yogyakarta memang sejak lama sudah dikenal sebagai destinasi wisata yang populer sehingga banyak wisatawan membanjiri berbagai tempat wisata disini. Uniknya, sebagai daerah istimewa yang masih sangat kental dengan kebudayaan membuat tempat wisata dan suasana disini semakin menarik. Tidak sedikit wisatawan yang kemudian memutuskan berwisata ke keraton di Yogyakarta yang di hari dan jam tertentu dibuka untuk umum.

Kegiatan Menarik Ketika Berkunjung ke Keraton

Keraton di Yogyakarta memang bisa dikunjungi dengan jadwal tertentu dan menjadi wisata bersejarah paling favorit. Selain melihat-lihat sekeliling keraton ada beberapa kegiatan seru dan menarik yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Melihat bangunan dan koleksi bersejarah,

Yogyakarta pada tahun 1950 resmi bergabung dengan NKRI namun kesultanan masih tetap dipegang teguh bahkan sampai sekarang. Sehingga keraton disini masih aktif digunakan sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarganya. Meski begitu banyak barang bersejarah dan arsitektur bangunan yang menarik untuk dijelajahi dari ujung ke ujung.

  1. Mengambil foto dengan background keraton dan isinya,

Selain bisa menikmati setiap sudut keindahan di keraton Jogja, pengunjung juga bisa leluasa mengabadikan foto maupun video. Namun perlu membayar dahulu untuk bisa menikmati aktifitas ini yakni sebesar Rp 1.000 saja. Cukup murah untuk mendapatkan tempat eksotik dan menarik guna mengabadikan moment langka bisa masuk ke rumah Sultan. Biaya yang ringan untuk ukuran mengabadikan ruangan pribadi keluarga kerajaan di Yogyakarta tentu memberi pengalaman berkesan.

  1. Menyaksikan pagelaran seni yang rutin diadakan,

Keraton di Yogyakarta rutin memberikan sambutan kepada wisatawan yang berkunjung dengan beberapa pertunjukan. Setiap harinya akan ada pertunjukan berbeda sehingga pengunjung bisa mengetahui budaya bersejarah yang masih lestari di lingkungan keraton sampai sekarang. Jadwal pertunjukan berbeda, misal di hari Senin dan Selasa akan ada pertunjukan gamelan yang dimulai jam 10 pagi. Sementara di hari Rabu diadakan pertunjukan Wayang Golek Menak yang dimulai jam 10 pagi juga. Pada hari Jumat wisatawan bisa menyaksikan tembang macapat yang dimulai jam 9 pagi.

  1. Wisata belanja di kawasan toko souvenir dekat keraton,

Selepas menikmati semua suguhan menarik di dalam keraton jangan buru-buru pulang ke tempat menginap. Dekat keraton terdapat pertokoan yang menjual souvenir sampai oleh-oleh berupa makanan khas Yogyakarta. Sehingga bisa sekalian belanja buah tangan untuk keluarga dan sanak saudara di rumah dengan harga yang lebih terjangkau. Temukan hal menarik lainnya dari Yogyakarta Kraton dengan berkunjung ke situs Indonesia.travel. Melalui situs ini wisatawan akan dipandu untuk mendapatkan pengalaman liburan di Yogyakarta semakin mudah, murah, dan berkesan.




WhatsApp chat