gitar ukulele

Tips Memilih Gitar Ukulele Terbaik

Tips Memilih Gitar Ukulele Terbaik

Ukulele adalah sebuah alat musik petik yang mirip dengan gitar namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Karena ukurannya yang kecil inilah ukulele juga disebut dengan “bayi gitar”, lucu kan? Selain berbeda pada ukurannya, ada pula perbedaan lainnya antara ukulele dan gitar. Kali ini akan dibahas tentang tips memilih gitar ukulele, namun untuk mengawalinya Anda juga harus tahu apa saja perbedaan antara ukulele dan gitar. Jangan sampai Anda mengira bahwa antara ukulele dan gitar hanya berbeda ukurannya saja.

Perbedaan lain yang paling perlu diketahui yaitu walaupun keduanya sama-sama dimainkan dengan konsep trinada namun kunci gitar dan ukulele benar-benar berbeda. Kemudian stema senar pada gitar dari yang pertama hingga keempat yaitu E, B, G, D. Sedangkan pada ukulele adalah A, E, C, G. Itulah perbedaan utama yang harus diketahui, kemudian perbedaan selanjutnya yaitu pada jumlah senar. Jika gitar menggunakan 6 buah senar sedangkan ukulele hanya 4 buah. Dari bahan senar untuk gitar berbahan nilon dan baja sedangkan ukulele berbahan plastik nilon. Terakhir yaitu gitar bisa digunakan untuk mengiringi hampir semua aliran musik, sedangkan ukulele cukup terbatas penggunaannya. Setelah mengetahui perbedaan antara gitar dan ukulele maka berikut ini tips memilih gitar ukulele.

1. Tentukan jenis ukulele yang akan dibeli

Ukuran ukulele secara umum memang bisa dikatakan lebih kecil dari gitar. Namun nyatanya ukurannya yang lebih kecilpun masih terbagi menjadi beberapa jenis. Selain pada ukuran, jenis-jenis ukulele ini juga berbeda pada tuningnya. Maka tips memilih gitar ukulele yang pertama adalah tentukan jenis ukulele mana yang akan Anda beli. Tentunya pilihan Anda disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Misalnya Anda akan sering membawa ukulele untuk bepergian maka akan lebih nyaman jika memilih jenis ukulele yang berukuran paling kecil. Yaitu ukulele model soprano dengan ukuran 33cm. Jenis yang paling kecil ini juga cocok untuk Anda yang baru mulai belajar ukulele. Jenis lainnya ada model concert (38cm), model tenor (43cm), dan model baritone (48cm).

2. Perhatikan material body ukulele

Seperti saat akan membeli gitar, Anda juga harus memperhatikan material apa yang digunakan untuk body ukulele. Pada umumnya body ukulele berbahan kayu, namun bahan kayu juga masih banyak jenisnya. Ada beberapa jenis kayu yang digunakan untuk body ukulele di antaranya kayu koa, mahoni, mangga, rosewood, akasia, cedar, dan lainnya. Di antara berbagai jenis tersebut, kayu koa adalah jenis yang paling banyak digunakan untuk membuat ukulele di Hawaii. Kayu ini memang membuat suara yang dihasilkan ukulele menjadi bagus dan hangat, namun harganya relatif mahal. Maka selain koa ada alternatif lain yang lebih murah yaitu ukulele berbahan kayu mahoni. Selain itu Anda bisa coba memainkan ukulele yang berbeda bahan body-nya dan pilih sesuai selera Anda.

Itulah tips memilih gitar ukulele. Merek juga bisa Anda pertimbangkan saat akan membeli ukulele. Lihat merek apa yang paling terpercaya. Sumber : http://www.guitarsquartz.net/




WhatsApp chat