wisata di banjarmasin

Pilihan Tempat Wisata Seru di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi

Banjarmasin tidak ubahnya kawasan Makassar atau mungkin Lombok yang memiliki cukup banyak wisata pantai dan pulau. Mendatangi kota terbesar di Kalimantan ini juga akan membawa Anda ke banyak sungai dan danau yang keindahannya sangat menakjubkan.

wisata di banjarmasin

(sumber : tripadvisor.com)

Terlebih lagi, Banjarmasin juga memiliki cukup banyak perbukitan dan dataran tinggi. Para pendaki akan bahagia bisa mengunjungi cukup banyak perbukitan hijau yang cocok untuk tempat kamping atau berburu foto.

Untuk mengenal lebih banyak tentang wisata alam di kawasan Banjarmasin, simak beberapa rekomendasinya di bawah ini.

1. Pulau Birah-Birahan

Pulau Birah-Birahan terletak cukup jauh dari kawasan Banjarmasin. Dengan menggunakan perahu motor dibutuhkan waktu tempuh sekitar 8 jam. Karenanya, Anda disarankan untuk berangkat pagi agar sampai sana tidak terlalu sore. Selain itu, Anda mungkin bisa bertemu dengan kawanan lumba-lumba yang kadang berenang di sekeliling perahu.

Kawasan pulau yang sangat eksotis ini memiliki cukup banyak terumbu karang. Anda bisa melakukan kegiatan menyenangkan seperti snorkeling dan menyelam. Oh ya, karena kawasan ini penuh terumbu karang yang kaya akan plankton, ada banyak anak ikan pari atau bahkan hiu yang mencari ikan kecil di kawasan ini.

2. Pantai Joras

Pantai Joras tidak memiliki pasir putih seperti kebanyakan pantai di Indonesia. Pantai di sini berpasir sedikit hitam meski tetap halus ketika mengenai kulit. Air laut yang ada di pantai ini juga jernih dan sangat biru hingga bisa digunakan untuk kegiatan air seperti berenang atau bahkan snorkeling.

Pantai Joras memiliki mercusuar yang cukup tinggi. Anda bisa naik ke puncak mercusuar untuk menyaksikan indahnya pemandangan alam. Saat mendaki disarankan untuk berhati-hati karena tidak ada pengaman tangan.

3. Danau Baruh Bahinu

Kawasan Danau Baruh Bahinu yang terletak di bagian selatan Banjarmasin sungguh sangat luas. Sayangnya, eceng gondong yang menjadi spesies invasif membuat kawasan ini menjadi sempit meski masih bisa dijelajahi dengan menggunakan perahu dayung tradisional milik penduduk.

Selain digunakan untuk penjelajahan, kawasan danau ini juga cocok untuk tempat memancing. Anda bisa membawa kail dan umpan untuk berlama-lama memancing di pinggiran danau atau di atas perahu. Terakhir, saat sore hari, Anda bisa menyaksikan senja yang cukup cantik dengan perpaduan warna kuning kemerahan.

4. Bukit Langgara

Sebenarnya Banjarmasin memiliki cukup banyak bukit seperti Labak Naga dan Birah. Namun, bukit terbaiknya adalah Langgara yang memiliki puncak bebatuan dan pemandangan pegunungan hijau yang memikat. Sejauh mata memandang, hanya ada gundukan batu hijau lengkap dengan aliran sungai meliuk di bawahnya.

Bukit ini cukup susah untuk dijangkau sehingga dibutuhkan kesabaran yang ekstra.  Setelah sampai di puncak Anda bisa mengabadikan segala keindahan yang ada dengan tetap berhati-hati.

 

Inilah pesona alam dari Banjarmasin. Selain empat yang disebutkan di atas, masih ada deretan pantai dan pulau yang siap dijelajahi. Tertarik? Menginaplah lebih lama di kota ini mungkin untuk 2-3 hari saja.

Untuk akomodasi, ada banyak hotel murah di Banjarmasin yang cocok untuk bujet traveler atau backpacker. Akomodasi yang masuk dalam jaringan Airy Rooms itu menawarkan kamar dengan jaminan fasilitas terbaik. Anda bisa mendapatkan kamar dengan AC, internet nirkabel, televisi, kasur bersih, air mineral gratis, dan kamar mandi yang sudah dilengkapi dengan shower air hangat dan perlengkapan mandi.

airyrooms di banjarmasin

Terakhir, jaringan hotel bujet terbesar di Indonesia ini juga mudah dipesan dan dibayar. Untuk pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi ponsel Android dan Apple. Setelah memesan, pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit atau transfer bank.

Jadi, tertarik menjelajahi Banjarmasin selama berapa hari, nih?




WhatsApp chat