Rendang Recipe Ikan Tongkol Spesial Lezat-

Rendang Recipe Ikan Tongkol Spesial

Rendang recipe Tongkol – Tongkol merupakan jenis ikan yang sudah cukup terkenal keberadaannya. Tongkol biasanya dijadikan lauk untuk pendamping nasi, tongkol sering diolah dengan hanya digoreng saja dengan belutan telur untuk melapisinya. Namun ada pula kreasi lain dari olahan tongkol, seperti misalnya diolah dengan bumbu balado merah, di oleh menjadi tongkol sambal hijau atau menjadi olahan satu ini yaitu rendang tongkol, bagaimana dengan rendang recipe satu ini? Mari kita ulas bersama.
Rendang merupakan salah satu makan khas yang di miliki oleh Indonesia, rendang sendiri bahkan sudah terkenal di penjuru dunia dimana dibuktikan dengan prestasinya yang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food pada tahun 2011 yang di gelar oleh CNN International. Rendang memiliki berbagai jenis variasi, dimana terdiri dari rendang ayam, rendang daging, rendang telur dan satu nya ini rendang tongkol, bagaimana cara membuat rendang satu ini?. Cara membuat rendang satu ini akan di ulas dalam rendang recipe di bawah ini, mari kita ketahui bersama.
Bahan yang digunakan dalam rendang recipe kali ini dipisahkan menjadi 2 jenis bahan yaitu bumbu halus dan bahan pelengkapnya, berikut bahan-bahan tersebut,
Bumbu halus, terdiri dari :
1. 12 cabai merah
2. 6 siung bawang putih
3. 15 siung bawang merah
4. 3 cm jahe
5. Kunyit secukupnya
6. Lengkuas
Bahan pelengkap terdiri dari :
1. Sekitar 850 gram tongkol yang telah dilumuri garam dan air jeruk terlebih dahulu.
2. 750 gram santan kelapa
3. 2 buah serai yang di tumbuk terlebih dahulu
4. 2 buah daun kunyit
5. 8 buah daun jeruk
6. Gula pasir secukupnya saja
7. Garam juga secukupnya saja, bisa disesuaikan dengan selera Anda
8. Minyak goreng
Adapun cara memasak untuk rendang recipe kali ini adalah :
1. Siap kan ikan tongkol yang telah dilumuri garam dan air jeruk yang telah di diamkan sekitar 10 sampai 15 menit. Lalu cuci sampai bersih, usahakan jangan sampai pecah ya guys ikan tongkolnya
2. Setelah bersih goreng ikan tersebut hingga matang.
3. Siapkan minyak diatas wajan penggorengan dan panaskan minyak tersebut untuk menumis. Setelah panas tumis lah bumbu halus yang sebelumnya telah di haluskan tentunya, lalu masukan bumbu lain yang terdiri dari serai, jeruk dan daun kunyit, aduk hingga merata sampai tercium harum.
4. Masukan tongkol yang telah di goreng lalu tambahkan garam serta gula dan aduk hingga rata dan matang.
5. Masukan santan, aduk dan tunggu sampai matang.
6. Rendang tongkol siap untuk dinikmati.
Itulah cara membuat rendang tongkol. Bila Anda penasaran dengan rasa rendang asli dari daerahnya Sumatera Barat, Anda dapat langsung mengunjungi Sumatera Barat sekaligus menikmati tempat wisata yang dimilikinya, untuk info mengenai tempat wisata yang dimilikinya Anda dapat mencarinya di Indonesia Travel. Selamat mencoba.



WhatsApp chat