Berwisata Sejarah ke Museum Tsunami Aceh

Berwisata Sejarah ke Museum Tsunami Aceh

Kalian masih inget kan peristiwa Tsunami yang melanda saudara-saudara kita yang ada di Aceh pada tahun 2004 silam? Banyak kesedihan yang tertinggal setelah kejadian tersebut, namun seiring berjalannya waktu warga Aceh mulai bangkit dari keterpurukan, karena nyatanya 14 tahun berlalu masyarakat Aceh berhasil menata kembali keindahan kota mereka. Saat ini kota Aceh memiliki satu Museum yang diberi nama Museum Tsunami, kehadiran Museum ini seperti sebuah pengingat tidak hanya untuk Masyarakat Aceh namun juga untuk para pendatang. Jika kalian penasaran seperti apa Museum tersebut, mending buruan pesan tiket pesawat dan berangkat, karena banyak sekali yang dapat kalian liat di Museum Tersebut, diantaranya adalah:

  1. Ruang Renungan

Pertama kali memasuki Museum, kalian akan disambut oleh sebuah lorong gelap yang dilengkapi dengan air mengalir di dindingnya, belum lagi alunan suara Adzan juga menggema di ruangan ini, maka pantas saja lorong ini disebut sebagai Ruang Renungan, karena kalian akan merasa seperti berada pada detik-detik di mana Tsunami sedang berlangsung. Merinding, ya!

  1. Ruang Cahaya Tuhan

Setelah melewati Ruang Renungan, kalian akan sampai di sebuah ruangan yang diberi nama Ruang Cahaya Tuhan, ruangan ini memiliki atap yang berbentuk mengerucut seperti sumur dengan lafadz Allah dibagian atasnya, cahaya remang terpancar dari hiasan lafadz Allah akan membuat kita merasa tersadarkan bahwa seluruh manusia tidak bisa lari dari takdir dan kehendak Allah. Untuk mengenang para Korban, maka di seluruh nama korban dicantumkan di dinding ruangan ini.

  1. Ruang Jembatan Harapan

Setelah keluar dari Ruang Cahaya Tuhan, kalian akan melewati jalan yang sengaja dibuat berputar, hal ini memiliki tujuan agar kalian dapat merasakan kesulitan yang dirasakan oleh saudara-saudara kita ketika harus mencari jalan untuk menyelamatkan diri ketika musibah Tsunami menerjang, setelah itu kalian juga akan menjumpai sebuah jembatan yang dihiasi dengan Bendera-Bendera Negara yang sempat mengirimkan perwakilannya untuk membantu saudara kita yang ada di Aceh pada masa itu.

  1. Ruang Geologi

Museum ini juga memiliki Ruang Geologi yang merupakan tempat dimana kalian dapat belajar tentang bagaimana peristiwa Tsunami itu terjadi, dan juga kalian bisa menyaksikan simulasi kejadian Tsunami pada tahun 2004 silam.

Selain ruangan-ruangan yang disebutkan tadi, Museum ini juga memiliki kantin yang menjajakan berbagai macam makanan khas Aceh seperti keukarah, gula karet dan seupet kiet. Bagi kalian yang ingin menginap di sekitaran Museum pun gak perlu khawatir! Karena banyak sekali pengingapan di tempat tersebut, dan kalian hanya perlu pesan penginapan yang kalian butuhkan di Mister Aladin, agar seluruh kebutuhan akomodasi kalian dapat terpenuhi dengan baik dan tentunya mendapatkan harga yang terbaik juga, segera pesan tiket pesawat di Mister Aladin .




WhatsApp chat