Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Perkembangan kognitif pada anak menyangkut tentang perkembangan berfisik serta cara-cara berfikir dalam bekerja. Pada masa anak usia dini, anak akan dihadapkan terhadap beberapa persoalan yang diharuskan anak tersebut dapat memecahkannya. Dengan cara menyelesaikan masalah tersebut terhadap suatu persoalan yang dihadapi merupakan sebuah langkah yang kompleks pada diri seorang anak. Namun sebelum anak akan menyelesaikan persoalan tersebut, anak harus mempunyai kemampuan untuk dapat mencari sebuah cara agar bisa dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan mudah. Faktor pengetahuan atau pun kognitif mempunyai peran yang sangat penting terhadap keberhasilan seorang anak untuk dapat belajar sebab hampir semua aktifitas belajar pada anak ada hubungannya dengan masalah yang diharuskan menyelesaikannya dengan cara mengingat dan juga berfikir. Perkembangan anak usia dini menurut para ahli harus lah dipahami oleh orang tua anak itu sendiri agar anak bisa tumbuh kembang dengan baik.

Berpikir anak tentu akan ada tahapannya. Setiap anak tidak mungkin menyelesaikan sutau masalah yang langsung besar. Namun ada kalanya anak akan dapat menyelesaikan masalah yang ringan terlebih dahulu. Suatu saat nanti kognitif anak akan berkembang dan akan dapat mampu menyelesaikan masalah yang besar. Tahapan-tahapan ini bisa dibilang dengan nama asimilasi. Asimilasi yaitu sebuah proses stimulus yang baru pada lingkungan yang diintegrasikan terhadap pengetahuan yang telah ada pada anak itu sendiri. Proses asimilasi dapat dimaknai sebagai sebuah objek atau pun ide yang baru dan ditafsirkan dengan gagasan teori perkembangan anak usia dini menurut para ahli.

Menurut para ahli bahwa pekembangan kognitif itu terjadi atas 4 tahap yaitu tahap pertama tahap sensorimotorik ketika ana lahir sampai berumur 2 tahun. Lalu tahap kedua yaitu tahap praoperasional ketika anak sudah berumur 2 sampai 7 tahun. Tahap ketiga yaitu tahap operasional konkrit dimana usia anak sudah berusia 7 sampai 11 tahun. Dan tahap yang terakhir yaitu tapa operasional formal ketika anak sudah memasuki usia 11 sampai 16 tahun. Tahapan tersebut sangat umum pada semua anak.




WhatsApp chat