Kenali Dan Ketahui Faktor Munculnya Kanker Payudara

Kenali Dan Ketahui Faktor Munculnya Kanker Payudara

Kanker payudara itu sendiri terjadi karena sel-sel di payudara tumbuh tidak normal bahkan tidak terkendali. Sel-sel ini kemudian membelah dengan cepat dan …

Kesehatan adalah asset utama yang harus dijaga oleh setiap manusia, karena saat terkena penyakit akan membuat kualitas diri menjadi menurun. Dan kanker payudara merupakan  salah satu penyebab utama dari tingginya angka kematian pada manusia, kaum wanita utamanya. Data dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2015, menunjukkan bahwa kurang lebihnya ada 507 ribu wanita yang meninggal dunia akibat kanker payudara. Diperlukan perawatan kanker payudara yang sangat intens.

Kanker payudara sangat menakutkan untuk wanita di dunia ini, tapi sebenarnya jika ciri-ciri kanker payudara stadium awal bisa dideteksi, bahkan bisa saja penyakit ini dapat disembuhkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri awal kanker payudara sedini mungkin, seperti informasi dari https://www.guesehat.com/

Kanker payudara itu sendiri terjadi karena sel-sel di payudara tumbuh tidak normal bahkan tidak terkendali. Sel-sel ini kemudian membelah dengan cepat dan berkumpul membentuk benjolan, kemudian menyebar ke kelenjar getah bening atau ke organ lain. Namun belum diketahui secara pasti yang menjadi penyebab sel-sel tersebut berubah menjadi sel kanker, tetapi para ahli menduga adanya interaksi antara faktor genetik dengan gaya hidup, lingkungan, dan hormon, sehingga sel menjadi abnormal dan tumbuh tidak terkendali.

Faktor Risiko Kanker Payudara

Berdasarkan dugaan para ahli mengenai faktor yang meningkatkan risiko kanker payudara. Berikut ini adalah beberapa faktor lain yang ternyata dapat meningkatkan risiko kanker payudara, diantaranya adalah:

  • Penyakit kanker payudara akan sangat berisiko dan meningkat seiring usia bertambah.
  • Wanita merupakan makhluk yang lebih rentan terserang kanker payudara dibandingkan dengan pria.
  • Seseorang yang pernah menjalani perawatan dengan radioterapi akan sangat rentan mengalami kanker payudara.
  • Bukan rahasia umum bila berat badan yang berlebih juga merupakan faktor yang meningkatkan risiko terserang kanker payudara.
  • Sangat tidak disarankan bagi wanita yang baru memiliki anak di atas usia 30 tahun, karena lebih berisiko mengalami kanker payudara.
  • Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak atau sedikit tetap meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Wanita yang mengalami menstruasi dini yakni di bawah usia 12 tahun diketahui lebih berisiko mengalami kanker payudara.
  • Bahkan untuk wanita yang belum mengalami menopause hingga usia 55 tahun berisiko mengalami kanker payudara.
  • Kanker payudara ternyata juga dapat diturunkan dari orang tua ke anaknya. Tidak hanya itu saja, seseorang berisiko terkena kanker payudara bila anggota keluarga ada yang pernah mengalaminya.

Oleh karena itu sangat penting untuk Anda melakukan perawatan kanker payudara sedini mungkin sebelum akhirnya berakhibat fatal. Segera periksakan diri Anda bila ada benjolan kecil di sekitar payudara, ketiak, dan area sekitarnya.