Hubungan Penyakit Jantung Rematik Dan Demam Rematik

Hubungan penyakit Jantung rematik dan demam rematikĀ  – Kesehatan merupakan aset berharga bagi setiap manusia karena dengan tubuh yang sehat maka segala aktivitas keseharian seperti belajar, bekerja, atau aktivitas lainnya. Dengan sehatpun kita dapat merasakan bagaimana nimat dari makanan atau menikmati anugerah Tuhan Yang Maha Esa dari alam ciptaan-Nya. Oleh karenanya banyak orang yang rela melakukan hal apapun demi mendapatkan kesehatan ini, baik itu dengan obat-obatan yang mahal, olahraga, dan sebagainya.

Penyakit Jantung Rematik Dan Demam Rematik

Menjaga kesehatan erat kaitannya dengan menjaga diri dari segala penyakit yang ringan ataupun yang berat. Jika dilihat dari usia anak-anak atau remaja, salah satu penyakit yang membahayakan bagi mereka yaitu penyakit jantung rematik. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan karena terjadinya kerusakan pada selaput jantung ataupun keseluruhannya. Sehingga diperlukan sekali kewaspadaannya dalam menghadapi salah satu penyakit jantung pada anak-anak ini.
penyakit jantung rematik
Adanya penyakit jantung rematik sendiri merupakan akibat dari komplikasi demam rematik dan terjadi setelah serangan demam rematik. Demam rematik sendiri merupakan penyakit peradangan yang dapat timbul dari komplikasi infeksi pada tenggorokan (faringitis) yang tidak ditangani dengan baik. Peradangan yang tidak ditangani dengan baik kemudian akan terjadi pada sendi, otak, kulit, dan juga jantung. Untuk peradangan yang terjadi pada jantung maka disebut dengan penyakit jantung rematik. Sehingga hubungan penyakit jantung rematik ini merupakan kelanjutan dari demam rematik yang tidak terobati atau tertangani dengan baik. Demam rematik sendiri paling sering terjadi pada mereka yang berusia lima sampai 15 tahun, dan jarang terjadi pada usia di atas 15 atau dibawah 5 tahun.

Akibat dari seseorang terkena penyakit jantung rematik, akan mengakibatkan pada terjadinya cacat permanen pada jantung, yaitu pada bagian otot jantung terutama juga pada bagian katupnya. Dan jika katup jantung yang sudah terserang maka untuk penyembuhannya tidak mudah disembuhkan hanya dengan pemberian obat tetapi dengan jalan melakukan operasi atau sejenisnya. Hal ini karena bagian katup tidak lagi dapat membuka dan menutup dengan baik, yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada aliran darah.

Untuk pencegahan terbaik terhadap penyakit ini yaitu mencegah dari terjadinya demam rematik. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan antibiotik yang efektif terhadap bakteri streptokokus yang menyebabkan demam rematik.




WhatsApp chat