makanan sehat untuk anak anak

Beragam Jenis Makanan Sehat Untuk Anak Lengkap

Makanan sehat sudah menjadi asupan gizi yang paling penting untuk anak, apalagi jika anak sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si anak dan juga perkembangan otak anak. Disini akan dijelaskan beberapa makanan sehat untuk anak yang bisa menjadi referensi Anda untuk kebutuhan si kecil.

Wortel

Wortel merupakan sayuran yang paling banyak memberikan manfaat karena memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata anak-anak Anda. Cara mengonsumsinya juga mudah, buatlah sayur sup dengan beberapa bahan makanan di dalamnya seperti ayam dan kentang, kemudian masukkan wortel ke dalam sayur sup. Iris tipis tipis agar mudah untuk dicerna oleh anak. Pastikan anak Anda memakannya, karena jika sudah dibiasakan dari kecil seterusnya si anak akan terus mengonsumsi wortel tersebut.  

Semangka

Buah yang satu ini juga cukup digemari oleh banyak kalangan, salah satunya anak-anak. Ini karena rasa buah semangka yang manis dan menyegarkan. Kemudian kandungan vitamin C nya juga sangat bermanfaat untuk si kecil, karena dapat meningkatkan daya imun tubuh si kecil. Sehingga si kecil bisa terhindar dari berbagai penyakit dan ancaman bakteri jahat.  Semangka juga dapat mengganti cairan tubuh sehingga anak tidak akan mengalami dehidrasi.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk si kecil. Walaupun rasa yogurt cenderung asam, namun yogurt mengandung bakteri baik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Tidak hanya itu, yogurt juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak.

Blackberry

Buah yang satu ini memang jarang kita temukan, namun ternyata kandungan dalam buah ini sangat baik untuk tubuh si kecil. Kandungan vitamin dalam Blackberry mampu memberikan perlindungan untuk arteri dan jantung anak. Anak umur2 tahun biasanya lebih rentan terkena penyakit jantung. Untuk mencegahnya biasakan anak untuk mengonsumsi buah blackberry.

Tomat

Tomat adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh anak usia 2 tahun. Mengapa? Karena tomat memiliki kandungan antioksidan yang juga berfungsi untuk mencegah anak dari penyakit jantung. Tomat tergolong sayur yang paling sering ditemukan. Sama seperti wortel, campurkan tomat ke dalam sayur sup. Iris tipis-tipis dan pastikan anak mengonsumsi tomat tersebut. Rasa pada tomat juga cenderung enak, dijamin anak pasti akan suka.
Salmon

Nah makanan satu ini ternyata sudah terkenal sebagai makanan otak. Kandungan dalam ikan salmon sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Tidak hanya itu, mengonsumsi minimal 5 ons salmon setiap minggunya dapat melindungi tubuh dari bahaya sinar UV dan radikal bebas. Walaupun tergolong makanan yang cukup mahal, tetapi kandungannya cukup sepadan untuk anak.

Itulah daftar makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak Anda. Jadikan makanan-makanan tersebut salah satu menu makan anak, agar nantinya anak dapat tumbuh dengan sempurna.

sumber @https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/sehatkan-tubuh-si-kecil-dengan-lima-makanan-ini




WhatsApp chat