Dua Jenis Alergi Pada Anak

Inilah Dua Jenis Alergi Yang Sering Ada Pada Anak

Inilah Dua Jenis Alergi Pada Anak

Anak-anak yang masih kecil biasanya sensitif terhadap hal-hal disekitarnya sehingga dapat dengan mudah terjangkit penyakit. Penyakit yang sering sekali ada pada setiap anak adalah alergi. Bagi setiap orang tua harus menjaga anaknya dengan baik agar tidak terkena penyakit. Jangan menyepelekan penyakit alergi karena alergi pada anak dapat menimbulkan penyakit yang sangat serius. Untuk itu ketahuilah macam-macam alergi pada anak sehingga bisa dapat dilakukan pencegahannya. Ada banyak jenis alergi saat ini yang biasa ada pada anak yaitu alergi makanan dan alergi debu. Berikut penjelasannya:

  1. Alergi makanan,

Alergi makanan merupakan reaksi alergi yang terjadi diakibatkan oleh sistem imun pada tubuh tidak merespon baik protein dari makanan dan tubuh menganggap sebagai suatu ancaman. Jika anak mengalami alergi pada makanan maka gejala yang ditimbulkan adalah gatal-gatal pada tubuh, gatal pada tenggorokan sehingga sulit untuk menelan makanan, terjadinya pembengkakan pada mulut, wajah, serta bagian yang lainnya. Penyebab dari timbulnya alergi makanan pada anak umumnya kacang-kacangan, gandum, susu, serta makanan seafood. Untuk pencegahannya, maka gantilah makanan-makanan pada anak yang dapat menimbulkan penyakit alergi, misal jika anak alergi pada susu sapi maka berilah anak ASI saja.

  1. Alergi debu,

Alergi merupakan reaksi yang ditimbulkan pada tubuh karena tubuh tidak mampu menangkap zat-zat tertentu. Alergi debu pada anak biasanya ditimbulkan karena lingkungan rumah yang kurang bersih, seperti perabotan, pajangan dinding, tempat tidur dan selimut, serta hewan peliharaan yang tidak dibersihkan secara rutin sehingga dapat menimbulkan sarang debu. Gejala yang ditimbulkan dari alergi debu ini biasanya anak akan sering batuk, gatal-gatal pada tubuh, bersin-bersin, mata berair dan mata memerah. Untuk mencegah terjadinya alergi debu pada anak, maka bersihkanlah rumah secara teratur sehingga tidak ada debu yang bersarang dimanapun.

Kedua jenis alergi tersebut bisa terjadi kapan saja, untuk itu sebagai orang tua sebaiknya dapat menjaga anak dan kendalikan alergi dengan baik. Orang tua tidak boleh lengah terhadap kesehatan anak. Jika anak mengalami alergi maka sebaiknya cepat dibawa ke dokter agar dapat dilakukan pencegahan.




WhatsApp chat