Cara Mencuci Baju yang Bersih Untuk Baju Bayi

 Cara Mencuci Baju yang Bersih Untuk Baju Bayi

Mencuci baju khusus untuk bayi biasanya memiliki cara yang berbeda. Hal ini dikarenakan bayi masih memiliki kulit yang sensitif. Selain itu, para orangtua pasti ingin memperkecil kuman menempell de baju bayi. Cara mencuci baju yang bersih untuk baju atau peralatan bayi yang berbahan kain lainnya sedikit berbeda. Bila mencuci baju bayi kurang bersih atau asal-asalan, bayi yang memiliki kulit sensitif akan mengalami iritasi dan menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi itu sendiri. Baju bayi yang tidak dicuci secara bersih sempurnah juga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi bayi misalnya bau yang apek atau gatal-gatal. Maka dari itu Anda yang memiliki bayi wajib memperhatikan langkah-langkah di bawah ini.

Langkah pertama dalam cara mencuci baju yang bersih untuk baju bayi atau juga peralatan bayi yang berbahan kain lainnya adalah jenis deterjen. Bila bayi memiliki kulit yang sangat sensitif, cobalah konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Pilih deterjen yang cocok dan begitu juga dengan jenisnya. Deterjen memiliki dua jenis yaitu dalam bentuk padat dan cair. Langkah kedua, jangan mencampur baju bayi dengan baju orang dewasa ketika mencuci. Biasanya kuman pada baju orang dewasa sangat banyak. Hal ini untuk menghindari kuman tidak berpindah ke baju atau perlatan bayi yang berbahan kain. Langkah ketiga ialah pembersihan.

Pembersihan di sini maksudnya untuk baju atau peralatan bayi yang sering terkena kotoran dan noda seperti popok kain, lebih baik rendam dulu di air panas atau air yang dicampur dengan sabun anti bakteri setelah dibilas dengan air dan sebelum dicuci dengan deterjen. Langkahini tentu untuk memastikan kuman kotoran tidak menempel. Langkah selanjutnya adalah merendam dulu baju atau peralatan ayi yang terkena noda makanan atau noda yang sulit hilang. Cara mencuci baju yang bersih satu ini dilakukan dengan cara merendam baju dan peralatan bayi menggunakan deterjen. Hindari terlalu banyak memberi detrjen dan terlalu lama merendamnya. Setelah noda menghilang, barulah cuci dengan cara biasa.

Apakah mencuci baju bayi lebih baik pakai tangan atau mesin? Lebih baik pakai tangan agar baju bayi yang biasanya berbahan lembut tidak rusak oleh mesin. Hindari menyikat terlalu keras dan bila baju sangat lembut, coba mengucek dengan kedua tangan. Pilih deterjen yang aman bagi kulit dan ampuh dalam menghilangkan aneka noda seperti rinso yang terbukti menjadi deterjen para keluarga di Indonesia. Untuk baju dan peralatan bayi lain, hindari memakai pewangi tambahan untuk memperkecil resiko iritasi pada kulit bayi. Jangan lupa ketaahui terlebih dahulu jenis kulit bayi yang berbeda-beda. Semoga informasi cara mencuci baju yang bersih khususnya untuk baju bayi di atas bermanfaat.




WhatsApp chat