Cara Memainkan Efek Gitar Pedal

Cara Memainkan Efek Gitar Pedal Agar Permainan Musik Makin Enak Didengar

Cara Memainkan Efek Gitar Pedal 

Musik adalah seni yang bisa dinikmati oleh semua orang. Cara menikmatinya pun berbeda-beda untuk masing-masing orang. Ada yang lebih menikmati musik dengan mendengarkannya saja, ada pula yang menikmati dengan memainkannya. Biasanya orang yang menikmati musik dengan memainkannya akan melakukan berbagai variasi. Bukan sekedar bermain saja namun juga menciptakan sesuatu untuk membuat musik yang dimainkannya tidak membosankan. Dalam permainan gitar, salah satu variasi permainannya adalah dengan memainkan efek gitar pedal. Biasanya setelah cukup mair bermain gitar, seseorang akan mencari bagaimana cara memainkan efek gitar pedal. Dengan adanya efek gitar maka permainan musik akan dirasa semakin dahsyat.

Efek gitar disebut juga dengan pedal efek. Maka disini lebih singkat lagi disebut efek gitar pedal. Dalam memainkan efek gitar sendiri juga ada beraneka ragam jenisnya. Masing-masing efek yang ada tentu berbeda cara memainkannya atau berbeda dalam teknik memainkannya. Selain itu masing-masing jenis juga menghasilkan efek yang berbeda. Untuk itu Anda bisa memilih cara memainkan efek gitar pedal jenis apa yang ingin Anda pelajari. Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis musik selera Anda atau aliran musik Anda. Jika Anda memang ingin mempelajari berbagai jenisnya maka bisa berlatih satu persatu walaupun lebih baik fokus pada salah satu jenis saja.

Berikut ini cara memainkan efek gitar pedal berdasarkan jenis-jenisnya:

  • Distortion atau Over Drive

Jenis yang satu ini merupakan yang paling umum digunakan oleh gitaris di berbagai belahan dunia. Jika Anda menyukai aliran musik heavy metal, punk rock, dan jenis-jenis hardrock maka efek gitar inilah yang cocok untuk Anda pelajari. Beberapa kontrol yang harus Anda ketahui untuk memainkan efek ini yaitu ada level yaitu menyesuaikan jumlah volume. Kemudian presence yaitu menghasilkan frekuensi tinggi rendahnya, dan distortion atau overdrive yaitu mengatur jumlah distorsi.

  • Compressor

Jenis efek ini membuat suara keras menjadi lebih tenang dan juga sebaliknya membuat efek tenang menjadi lebih keras. Caranya yaitu dengan mengurangi atau menekan jangkauan dinamis dari sinyal audio. Efek ini juga bisa berfungsi sebagai limiter dengan pengaturan ekstrim kontrolnya.

  • Wah wah

Seperti namanya, efek ini akan menciptakan suara “wah wah”. Cara menciptakannya yaitu dengan mengubah spektrum frekuensi yang dihasilkan oleh instrumennya. Dengan begitu pada efek ini akan menekankan suara pada frekuensi tertentu. Perangkat ini dioperasikan oleh pedal kaki dengan membuka dan menutup potensiometer. Anda akan mendengar berbagai suara aneh dengan memainkan efek ini.

  • Noise Gates

Efek ini akan menghilangkan kebisingan latar belakang sehingga sound terdengar lebih bersih. Efek ini memiliki kontrol yang disebut sebagai release time. Kontrol ini akan mempengaruhi kecepatan noise gates untuk terbuka dan tertutup.

Itulah beberapa cara memainkan efek gitar pedal berdasarkan jenisnya agar permainan musik Anda menjadi lebih dahsyat.




WhatsApp chat