lembaga sosial act

Macam-macam Lembaga Sosial dan Fungsinya Masing-masing

Perkumpulan biasanya mempunyai banyak sekali jenis yang bisa dibedakan dari tujuannya dan alasannya membuat perkumpulan tersebut. Perkumpulan tersebut bisa secara resmi maupun tidak dan mempunyai prinsip dasar serta tujuan yang perlu dicapai. Salah satunya adalah lembaga sosial yang mempunyai beberapa macam lembaga yang ada. Dimana lembaga tersebut mempunyai tujuan yang ingin dikejar masing-masing. Beberapa contoh lembaga masyarakat tersebut adalah:

1. Lembaga keluarga

Merupakan lembaga pertama yang merupakan lembaga terkecil yang ada dalam masyarakat. Lembaga ini sendiri tidak bersifat resmi dan mempunyai kumpulan karena mempunyai darah yang sama yaitu menjadi satu keluarga. Lembaga ini mempunyai banyak fungsi yang ada seperti:

  • Fungsi reproduksi merupakan fungsi untuk membuat keturunan untuk meneruskan darah dan garis keluarga.
  • Fungsi ekonomi yang digunakan untuk mendapatkan pekerjaan dan mempunyai kehidupan yang cukup sehingga semua anggota keluarga kebutuhannya tercukupi.
  • Fungsi proteksi dimana keluarga tersebut harus memberikan fungsi perlindungan terhadap semua anggota keluarganya tanpa terkecuali.
  • Fungsi sosialisasi yaitu fungsi untuk mengajarkan berbagai hal kepada anak-anaknya sebelum terjun ke masyarakat luas.
  • Fungsi afeksi yaitu fungsi yang memberikan kasih sayang kepada semua anggota keluarga.
  • Fungsi pengawasan sosial dan juga fungsi pemberian status yang dipunyai oleh seseorang dalam masyarakat.

2. Lembaga politik

Merupakan lembaga kedua yang mempunyai fungsi untuk dapat mengatur, membuat undang-undang, kebijakan, hukum, dan masih banyak lainnya. Fungsi ini juga harus memberikan masyarakat luas dari aman ketika tinggal dan hidup di sebuah negara tertentu. Dimana ada banyak lembaga yang ada seperti legislatif, eksekutif, dan juga yudikatif yang mempunyai peran dan fungsi masing-masing dalam politik sehingga ada pembagian tugas yang jelas dalam lembaga ini.

3. Lembaga ekonomi

Adalah lembaga yang mengatur perekonomian dan aliran uang yang masuk maupun keluar. Dimana fungsi ini akan saling berhubungan dengan banyak hal baik dari lembaga politik, keluarga, dan juga lainnya. Karena perekonomian sekarang ini menjadi tiang yang menentukan banyak hal baik dari status sosial, kebijakan, dan masih banyak lainnya.

4. Lembaga agama

Adalah lembaga sakral yang mengurusi kepercayaan manusia dengan Tuhannya. Dimana lembaga ini akan memegang peranan tertinggi dan sangat dihormati oleh semua pihak karena berhubungan dengan yang sakral dan tidak keduniawian. Untuk fungsi dari lembaga agama ini sendiri seperti:

  • Lembaga agama ini berfungsi untuk dapat membantu masyarakat yang ingin menari identitas moral dan masalah keyakinannya.
  • Lembaga agama ini memberikan tafsir-tafsir untuk dapat membantu menerjemahkan dan menyampaikan ayat Tuhan.
  • Lembaga agama ini memiliki fungsi untuk dapat meningkatkan keramahan, kohesi sosial, dan juga solidaritas kelompok.
  • Lembaga agama ini dapat untuk menjadi tempat perlindungan yang dibutuhkan oleh seseorang dalam masalah keyakinan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *